MENUJU TEKAD KUBU RAYA UNTUK INDONESIA :: MEWUJUDKAN KUBU RAYA YANG TERDEPAN DAN BERKUALITAS :: BERLARI LEBIH KENCANG & BERPROSES LEBIH CEPAT :: DENGAN PESONA KEINDAHAN WISATA KUBU RAYA ::
  • Istana Kubu yang didirikan oleh Raja Kubu, Syarif Al-Idrus merupakan salah satu situs sejarah kerajaan tertua di Kalbar
  • Menyusuri Daerah Aliran Sungai Kakap dengan menggunakan speed boat menjadi daya tarik tersendiri
  • Tiga petani dari Kabupaten Kubu Raya yang mewakili Kalimantan Barat terpilih menjadi petani terbaik di tingkat nasional
  • 8 Ikan Arwana Mahal di Indonesia
  • Hutan mangrove yang terdapat di Kec. Batu Ampar, Kec. Teluk Pakedai dan Kec. Kubu merupakan hamparan alam yang mempesona.
  • Keanekaragaman khasanah budaya di Kubu Raya salah satunya adalah Budaya Melayu
  • Kubu Raya banyak memiliki pulau kecil yang sebagian besar dihuni oleh penduduk yang berprofesi sebagai nelayan
  • Wisata religi yang paling menarik dan menyita perhatian masyarakat adalah di Sungai Raya yaitu Ritual Sembahyang Kubur & Pembakaran Wangkang
  • Wisata Kuliner di Kubu Raya yang paling diminati para wisatawan adalah makanan khas melayu dan seafood
  • Kubu Raya memiliki daya tarik wisata yang berlimpah seperti wisata sungai, pantai, gunung, keanekaragaman flora & fauna.
  • Maha Vihara Maitreya yang terletak Sungai Raya adalah Vihara terbesar & termegah yang ada di Kalimantan Barat
  • Hotel Gardenia Sungai Raya menawarkan konsep yang istimewa, yaitu penginapan di Villa yang berbalut keasriam alam dan Taman Rekrasi Fantasia

Jumat, 08 Juni 2012

WISATA ALAM KUBU RAYA

Kabupaten Kubu Raya (KKR) yang terdiri dari 9 Kecamatan, memiliki potensi pariwisata yang relatif lebih lengkap dibandingkan dengan daerah lain di Kalbar. Walaupun demikian secara garis besar potensi pariwisata yang paling menonjol adalah potensi wisata alamnya yang berlimpah seperti wisata sungai, pantai, gunung, keanekaragaman flora & fauna.

Khusus Wisata Alam, setidaknya terdapat 20 potensi Wisata Alam di KKR, yang tersebar di 7 Kecamatan, yaitu Kecamatan Batu Ampar, Kubu, Teluk Pakedai, Sungai Kakap, Rasau Jaya, Sungai Ambawang dan Sungai Raya. Sebagian besar wisata alam tersebut masih asli sehingga dapat menjadi daya tarik bagi penggemar wisata alam.

Hutan mangrove yang terdapat di Kec. Batu Ampar, Kec. Teluk Pakedai dan Kec. Kubu misalnya, merupakan hamparan alam yang mempesona. Daya tarik hutan mangrove ini tentu saja dapat disinergikan dengan wisata lainnya seperti adventurir dan research.

Selain Hutan Mangrove KKR juga memiliki beberapa potensi pantai yang sangat mempesona seperti Pantai Tasik Maya Kec. Batu Ampar, serta Pantai Paloh Nibong Kec. Telok Pakedai.

Hamparan bukit, susunan bebatuan dan air terjun juga dapat kita saksikan di KKR, khususnya di Kec. Kubu, Kec. Ambawang dan Kec. Batu Ampar.



Tak kalah menariknya, Kec. Sungai Kakap juga memiliki wisata alam yang memikat. Lokasi yang tidak terlalu jauh dari Kota Pontianak ini menyimpan potensi alam berupa Hutan Mangrove, habitat buaya serta sungai yang menyimpan seribu pesona.



(Featured Photo-photo by. Nizar Kauzar, Anna Strumillo & Ajie Arief)

0 komentar:

Posting Komentar